Panduan Lengkap Trik Email Marketing untuk Pemula

Kamu ingin tahu bagaimana caranya menggunakan email marketing untuk meningkatkan penjualan produk kamu? Email masih menjadi media yang paling menyentuh secara langsung dan tentu saja efektif untuk menghubungi calon klien atau konsumen, ‘mengasuh’ mereka, dan akhirnya mengubah mereka untuk menjadi (benar-benar) klien atau konsumen kamu.

Di dalam artikel ini, kamu akan mempelajari semua proses dasar dalam membangun email marketing sehingga kamu bisa segera mendapatkan calon konsumen dan tentu pada akhirnya meningkatkan penjualan. Panduan ini diperuntukan untuk kamu yang siap untuk berkomitmen dalam email marketing.

email marketing tips

Agar kamu tidak bingung, mari kita bagi panduan ini menjadi beberapa bagian sehingga nanti kamu akan lebih mudah untuk memahaminya.

  1. Kenapa Email Marketing?

Disamping social media marketing yang popularitasnya kian menanjak akhir-akhir ini. Email marketing masih menjadi primadona dan cara paling efektif untuk menarik minat konsumen.

Ada banyak alasan kenapa kamu harus mulai menggunakan email marketing dalam bisnis kamu, berikut ini adalah 3 alasan paling penting yang harus kamu ketahui:

  1. Setidaknya 91% dari calon konsumen kamu mengecek email setiap hari. Angka ini adalah paling besar dibandingkan channel komunikasi lainnya.
  1. Di media sosial, akun milik kamu bisa di-suspend atau ditangguhkan karena berbagai alasan sementara email, tidak ada yang bisa merebutnya dari kamu. Artinya email jauh lebih aman.
  1. Tingkat keberhasilan dari email marketing cukup tinggi, ROI (Return of Investment) dari metode ini sendiri mencapai angka 3800%.

 

  1. Memulai Email Marketing

Sekarang ini tidak terlalu sulit untuk memulai email marketing. Kamu bisa saja mengirim email tawaran produk kamu ke calon klien satu per satu tapi ini akan memakan waktu lama, belum lagi sangat merepotkan.

Sekarang ini kamu bisa menggunakan situs-situs yang menawarkan jasa-jasa pembuatan email marketing. Kamu hanya perlu menyiapkan daftar klien yang akan kamu hubungi melalui email, menyiapkan konten atau isi dari email kamu dan biarkan mereka yang selesaikan sisanya.

Email yang kamu kirimkan tidak lagi hanya berbentuk teks panjang dan membosankan. Kini kamu bisa mengirim berbagai gambar, gif, bahkan video agar calon klien/konsumen lebih tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

Beberapa platform di bawah ini adalah penyedia jasa email marketing yang bisa kamu pertimbangkan.

  • Mailchimp (www.mailchimp.com)
  • Get Response (www.getresponse.com)
  • Convert Kit (www.convertkit.com)
  • Active Campaign (www.activecampaign.com)
  • Infusion Soft (www.infusionsoft.com)
  • Hubspot (www.hubspot.com)

trik email marketing

  1. Menarik Calon Konsumen

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, email yang kamu kirim tidaklah hanya berbentuk teks panjang dan membosankan. Jika seperti ini, kemungkinan besar email tidak akan dibaca dan mungkin akan segera dihapus.

Untuk menarik calon konsumen, kamu butuh beberapa trik, dimulai dari subjek email. Terlihat sangat sepele tapi sebenarnya tidak!

Subjek email adalah hal pertama yang akan calon konsumen kamu lihat sebelum akhirnya mereka membuka email-mu. Jika subjek email tidak bisa menarik perhatian mereka, maka email tidak akan terbuka dan sia-sia semua usahamu. Kamu hanya punya waktu sekitar 3-5 detik untuk menarik perhatian mereka, jadi buatlah subjek email yang benar-benar menarik.

Yang berikutnya adalah sapaan dalam email. Kamu mungkin sering menggunakan kalimat “Selamat siang,” atau “Selamat pagi,” di awal email. Itu bagus tapi akan lebih baik lagi jika sapaan dibuat lebih personal. Konsumen akan lebih tersentuh jika kamu bisa benar-benar menyapa mereka dengan nama mereka sendiri seperti “Selamat pagi, Tedi” atau “Hai, Susan”.

Hal ini lebih mudah dilakukan dengan situs-situs penyedia jasa email marketing.

Bagikan artikel ini